RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 29 Padang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / semester : VIII / II
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran

Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1. Menemukan hubungan antara gaya, tekanan dan luas daerah yang dikenai gaya.
2. Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam.
5. Mengaplikasikan konsep tekanan pada benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari-hari).

Tujuan Pembelajaran
I. Pertemuan Pertama
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian tekanan.
2. Menyelidiki kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan.
3. Menyelidiki kaitan antara massa benda dengan tekanan.
4. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan.
5. Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Psikomotor
1. Siswa dapat menghitung besarnya tekanan yang diberikan suatu benda.
C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

II. Pertemuan Kedua
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
2. Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
B. Psikomotor
1. Siswa mampu menentukan tekanan zat cair
C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

III. Pertemuan Ketiga
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendaftar dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
B. Psikomotor
1. Siswa mampu menyelesaikan soal-soal tentang zat cair dalam pipa U.
C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

IV. Pertemuan Keempat
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
2. Menjelaskan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
3. Menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
B. Psikomotor
1. Siswa mampu menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan hukum Pascal.
C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

V. Pertemuan Kelima
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes.
2. Menjelaskan konsep tenggelam, melayang dan terapung.
3. Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung.
4. Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
B. Psikomotor
1. Siswa dapat menyelidiki dan menentukan besar gaya angkat.
C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

VI. Pertemuan Keenam
A. Kognitif
Siswa dapat:
1. Menyebutkan jenis-jenis barometer.
2. Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
3. Menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup (manometer).
4. Menjelaskan bunyi hukum Boyle.
5. Menyebutkan pemanfaatan hukum Boyle.
B. Psikomotor
Siswa dapat:
1. Mengukur tekanan udara.
2. Menyelesaikan soal-soal tentang tekanan gas.

C. Afektif
Siswa mampu:
1. Menghargai guru.
2. Menghargai teman.
3. Bekerjasama.

Materi Pembelajaran
Tekanan (pada benda padat, cair dan gas).

Metoda Pembelajaran
a. Model: Cooperative Learning
b. Metoda: – Diskusi kelompok
– Demonstrasi
– Ceramah

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
c. Guru memberikan pertanyaan apersepsi: mengapa kita harus menajamkan pisau?
d. Guru memberikan pertanyaan motifasi: faktor-faktor apakah yang mempengaruhi besarnya tekanan?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan. 5’
2. Kegiatan Inti
a. Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tekanan.
b. Guru mendemonstrasikan percobaan tiga buah kubus (kubus materi) yang ukurannya persis sama tetapi terbuat dari bahan yang berbeda (besi, aluminium dan kayu).
c. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki kaitan antara luas permukaan dan massa benda dengan tekanan.
d. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan dan menetukan rumusannya.
e. Siswa memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dari suatu benda yang disampaikan oleh guru.
f. Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan dari suatu benda untuk dikerjakan oleh siswa.
g. Guru mengoreksi jawaban siswa apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
h. Siswa dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
i. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
j. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok Siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya.

a. Siswa menjawab dibimbing oleh guru.
b. Siswa mengacungkan tangan sambil menjawab.

c. Siswa mencatat penjelasan sambil mengisi LKS.

d. Siswa menjawab 50’
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
5’

Pertemuan Kedua
No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
c. Guru memberikan:
Pertanyaan apersepsi dan motivasi:
– Mengapa pada kaleng yang telah dilubangi dengan 3 lebang yang berbeda ketinggiannya, air akan keluar dari setiap lubang?
– Bagaimana cara menetukan tekanan dalam zat cair?
Prasyarat pengetahuan:
– apakah sifat-sifat tekanan dalam zat cair?
– Faktor apakah yang mempengaruhi tekanan dalan zat cair?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan. 5’
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakukan demonstrasi dengan cara melubang kaleng dengan 3 lubang yang ketinggiannya berbeda, dan diisi dengan air.
b. Guru menyuruh siswa mendiskusikan hal apa saja yang mempengaruhinya.
c. Guru melakukan demonstrasi kedua yaitu dengan membandingkan cairan antara air dan minyak.
d. Guru menyuruh siswa mendiskusikannya.
e. Siswa menjawab dan guru memberikan penghargaan pada siswa.
f. Guru memberikan penjelasan tentang materi yang berhubungan demonstrasi yang telah dilakukan.
a. Siswa menjawab dibimbing oleh guru.
b. Siswa mengacungkan tangan sambil menjawab.
c. Siswa mencatat penjelasan dari guru sambil mengisi LKS.
d. Siswa menjawab. 50’
3. Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang baik.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan. 5’

Pertemuan Ketiga
No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
c. Guru memberikan pertanyaan apersepsi: Mengapa pada sebuah kaleng yang sudah dilubang dan diisi air, air akan keluar dari setiap lubang?
d. Guru memberikan pertanyaan motifasi: Mengapa pancuran teko tidak boleh lebih rendah daripada posisi tutupnya?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan. 5’
2. Kegiatan Inti
a. Guru melakukan demonstrasi dengan menggunakan sebuah bejana berhubungan, air dan minyak goreng.
b. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan demonstrasi mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan.
c. Guru menyuruh siswa berdiskusi dengan teman sebangku secara klasikal.
d. Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi sebenarnya.
e. Guru menjelaskan mengenai pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
f. Guru menjelaskan mengenai pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar.
g. Guru memberikan beberapa contoh soal kepada siswa.
h. Siswa diminta mendiskusikannya dengan teman sebangku.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan posisi permukaan zat cair.
b. Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari demonstrasi yang telah dilakukan.
c. Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku secara klasikal.
d. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai materi pelajaran yang berkaitan dengan demonstrasi yang telah dilakukan.
e. Siswa mendiskusikan jawaban dari soal tersebut denga teman sebangku. 50’
3. Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang dapat menjawab soal dengan baik.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan. 5’

Pertemuan Keempat
No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
c. Guru memberikan pertanyaan apersepsi: Bagaimana kalau kita berjalan didalam air kolam terasa lebih ringan atau justru lebih berat pada saat melangkah?
d. Guru memberikan pertanyaan motifasi: mengapa ketika berada di dalam air kita merasakan sakit pada mata?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan. 5’
2. Kegiatan Inti
a. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Pascal secara klasikal di depan kelas dibimbing oleh guru.
c. Perwakilan siswa diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Pascal.
d. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
e. Perwakilan siswa diminta untuk menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.

a. Siswa menjawab dibimbing oleh guru.
b. Siswa mwngacungkan tangan sambil menjawab.
c. Siswa mencatat penjelasan sambil mengisi LKS.
d. Siswa menjawab. 50’
3. Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan. 5’

Pertemuan Kelima
No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran
c. Guru memberikan pertanyaan apersepsi: mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
d. Guru memberikan pertanyaan motifasi: Mengapa sewaktu berenang kamu dapat mengambang, melayang ataupun tenggelam?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan. 5’
2. Kegiatan Inti
a. Guru membimbing serta mengarahkan pelajaran dengan menyebutkan tujuan pembelajaran.
b. Guru membagi siswa atas beberapa kelompok.
c. Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Archimedes.
d. Perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk mengambil 2 buah logam sejenis berbentuk kubus yang volumenya sama, sebuah neraca pegas, sebuah gelas pancuran, sebuah gelas ukur, dan air secukupnya.
e. Guru menjelaskan langkah kerja dari untuk melakukan eksperimen menyelidiki besar gaya angkat.
f. Siswa diminta membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
g. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelas secara klasikal.
h. Guru menanggapi hasil diskusi siswa dan memberikan penjelasan lebih lanjut.
i. Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan pada telur yang dimasukkan ke dalam air dan kemudian ditambah dengan garam mengenai konsep tenggelam, melayang dan terapung dari suatu benda dalam zat cair.
j. Guru menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung.
k. Guru menjelaskan konsep mengenai pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
l. Guru menanggapi tanggapan siswa dan memberikan penjelasan yang sebenarnya.
a. Siswa menjawab dibimbing oleh guru.
b. Siswa mengacungkan tangan sambil menjawab.

c. Siswa mencatat penjelasan sambil mengisi LKS.

d. Siswa menjawab.

e. Siswa menyampaikan pandapatnya.

f. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai konsep tenggelam, melayang dan terapung dari suatu benda dalam zat cair.

g. Siswa memperhatikan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang dan terapung yang disampaikan oleh guru.

h. Siswa mendiskusikan mengenai pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
i. Siswa mempresentasikan hasil pemikirannya. 50’
3. Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang baik dan aktif.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan. 5’

Pertemuan Keenam
No. Kegiatan guru Kegiatan Siswa Waktu
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengecek kehadiran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran.
c. Guru memberikan pertanyaan apersepsi: mengapa pada saat kita berenang semakin dalam dada kita akan terasa semakin sakit?
d. Guru memberikan pertanyaan motifasi: mengapa telinga kita mendengung saat pesawat terbang tinggal landas?
a. Siswa menjawab salam.
b. Siswa mengacungkan tangan dan bersiap untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
d. Siswa mencoba menjawab pertanyaan.
5’
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan mengenai tekanan udara.
b. Perwakilan siswa diminta untuk menyebutkan jenis-jenis baromter dan manometer.
c. Guru menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
d. Guru memberikan beberapa soal menentukan ketinggian suatu tempat untuk dikerjakan oleh siswa.
e. Guru mengoreksi jawaban siswa. Jika masih ada siswa yang belum dapat menjawab dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan.
f. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan gas dalam ruang tertutup dan cara mengukurnya.
g. Siswa (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Boyle secara klasikal di depan kelas dibimbing oleh guru.
h. Guru memberikan contoh soal tentang penerapan hukum Boyle.
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan udara.
b. Siswa memperhatikan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara yang disampaikan oleh guru.
c. Siswa menjawab dibimbing oleh guru.
d. Siswa memperhatikan contoh soal yang disampaikan oleh guru.
e. Siswa memperhatikan penjelasan guru dan kemudian mencatatnya.
50’
3. Penutup
a. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang baik dan aktif.
b. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan.
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
a. Siswa (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat kesimpulan. 5’

Sumber Belajar
1. Marthen Kanginan, 2006 IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII, Jakarta, Hal 91-126.
2. Saeful Karim, dkk. 2008. Belajar IPA membuka cakrawala alam sekitar Kelas VIII, Bandung, Hal 207-231.
3. Buku yang relevan lainnya.
4. LKS Progresif hal 32-36.
5. Alat dan bahan demonstrasi.

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian
Tes tertulis

b. Bentuk Instrumen
 Tes PG (pilihan ganda).
c. Contoh Instrumen
 Contoh tes PG
Permukaan air bendungan harus lebih tinggi dari permukaan sawah yang akan dialiri. Prinsip yang digunakan adalah…..
a. hukum Pascal c. efek bejana berhubungan
b. hukum Archimedes d. efek kapilaritas